Meriam London Sukses Ngebom Setan Merah 

Arsenal kembali ngebom lawannya. Kali ini, klub berjuluk The Gunners alias Meriam London itu sukses ngebom The Red Devils alias Setan Merah-julukan Manchester United, dengan skor 3-1. 

Keberhasilan pasukannya Mikel Arteta mengalahkan Manchester United itu terjadi pada duel pekan ke-33 Premier League Inggris 2021/2022, yang digelar di Emirates Stadium, Sabtu (23/4/2022) petang WIB. 

The Gunners itu menaklukkan Manchester United dengan skor 3-1, lewat tiga gol kemenangan Arsenal yang dibukukan oleh Nuno Tavares pada menit ke-3, Bukayo Saka pada menit ke-32 –pen, dan Granit Xhaka di menit ke-70. 

Adapun satu gol balasan dari The Red Devils dilesakkan oleh Cristiano Ronaldo pada menit ke-34. 

Dengan kemenangan ini, Arsenal naik ke posisi keempat klasemen Liga Inggris 2021/2022. Tim asal London itu sudah mengantongi 60 poin dari 33 laga. 

Di sisi lain, Manchester United tak beranjak dari posisi keenam setelah dibungkam Tottenham. 

Cristiano Ronaldo Cs saat ini telah mengumpulkan 54 angka dari 34 pertandingan. 

Sementara Manchester United menelan hasil buruk karena kalah dari Arsenal, lain ceritanya dengan tetangga mereka, Manchester City. 

Manchester City menang telak 5-1 atas Norwich City dalam laga yang dihelat di Stadion Etihad. 

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta menyampaikan,  ada aspek keberuntungan dari kemenangan timnya itu. 

“Pertandingan tadi laga yang krusial bagi kami setelah dua hari setengah tampil sangat bagus lawan Chelsea,” ujar Mikel Arteta, setelah laga berakhir. 

“Kami memang ingin menang lagi dan kami tahu betapa pentingnya kemenangan atas Manchester United ini bagi fans,” lanjutnya. 

Mikel Arteta mengaku kagum dengan performa pemainnya yang penuh dengan energi. Apalagi, timnya mampu mencetak gol cepat, tepatnya di menit ke-3 lewat aksi Nuno Tavarez. 

“Kami ingin mengawali laga ini dengan cepat dan memastikan kami lebih dulu mencetak gol agar mendapat dukungan dari fans,” tuturnya. 

Mikel Arteta juga memberikan pujian kepada kipernya, Aaron Ramsdale yang telah melakukan sejumlah penyelamatan gemilang. 

“Kiper kami tampil sangat bagus,” kata Mikel Arteta. Mantan asisten pelatih di Manchester City ini juga memberikan pujian terkait gol hebat yang ditorehkan Granit Xhaka dari luar kotak penalti. 

“Itu momen yang sangat hebat,n saya tidak menyangka bahwa Granit bisa mencetak gol seperi itu. Dia mengambil inisiatif untuk melakukannya,” tambahnya. 

Musim ini, Xhaka tampil lebih baik di bawah arahan Arteta dan perlahan dipercaya banyak merumput lagi hingga turun mencetak gol pengunci kemenangan 3-1 atas Manchester United, yang sontak dirayakan para suporter Arsenal di tribun Emirates. 

Arteta mengaku bahwa sebetulnya, bila ada kesempatan suporter akan mengenal lebih baik karakter Xhaka yang disebutnya begitu profesional dan sangat peduli kepada Arsenal. 

“Saya memimpikan hal itu karena sejujurnya dia pantas mendapatkannya,” jawab Mikel rteta saat ditanya apakah hubungan Xhaka dan suporter membaik dalam jumpa pers pasca laga, seperti dilansir situs resmi Arsenal. 

“Jika setiap suporter atau orang berkesempatan duduk bersama Granit barang lima atau sepuluh menit, atau satu dua menit saja pun cukup, mereka akan memahami siapa dia, betapa profesionalnya dan bagaimana dia begitu peduli dengan klub ini,” lanjutnya. 

Arteta mengatakan nasib memang sudah menggariskan Xhaka memang melakukan tindakan berisiko ketika meluapkan isi hatinya dan mengekspresikan perasaannya yang berujung pada hubungan yang renggang dengan suporter. 

Namun, Arteta juga meyakini insiden itu pelajaran besar bagi Xhaka yang sekarang lebih paham dan siap menerima reaksi suporter Arsenal. 

“Sekarang dia merasa bahwa lingkungan di sekitarnya akan melindunginya, dia merasa dicintai di klub ini dan reaksinya saya kira luar biasa,” katanya. 

“Jadi terima kasih untuk semuanya, kepada para pendukung yang terus memperlihatkan dedikasi itu kepadanya karena saya tahu betapa besar itu artinya untuk dia,” tambahnya. 

Secara khusus Arteta juga menyebut Xhaka berperan besar dalam tim dengan banyaknya pemain muda yang didatangkan dan dipromosikan dari akademi. 

Arteta yakin Xhaka akan memperlihatkan peran pemimpin dalam upaya Arsenal mencapai target-target di atas lapangan. 

Jalannya pertandingan diakui oleh Mikel Arteta sangat sulit. Bahkan pelatih asal Spanyol itu menilai pertandingan memang tidak semudah yang terlihat dari hasil akhirnya. 

Namun, lebih dari itu, Mikel Arteta merasa senang Arsenal bisa memperlihatkan permainan yang apik dan mampu menunjukkan kualitas yang mereka miliki. 

“Performa yang besar dalam pertandingan yang saya pikir memiliki segalanya. Momen di mana kami memperlihatkan kualitas yang sebenarnya,” sebut Mikel Arteta. 

“Permainan di mana kami harus menderita, permainan di mana ada momen kami sedikit kehilangan arah dan kekurangan energi, sebuah pertandingan di mana kami benar-benar efisien di dalam kotak, sebuah permainan di mana kami mendapatkan keberuntungan ketika kami membutuhkannya. Secara keseluruhan, saya merasa gembira,” terang Sang Pelatih Arsenal. 

Kemenangan atas MU membuat Arsenal yang awalnya berada di peringkat kelima dengan keunggulan tiga poin atas The Red Devils, kini berhasil melebarkan jarak menjadi enam poin, sekaligus menggeser rival sekota mereka, Tottenham Hotspur, dari peringkat keempat dalam klasemen Premier League. 

Arsenal kini unggul tiga poin atas Tottenham Hotspur yang baru memainkan pertandingan pekan ke-34 mereka pada Sabtu larut malam. 

Artinya, The Gunners juga punya peluang yang sangat terbuka untuk bisa menyelesaikan musim ini dengan menempati posisi yang akan membawa mereka ke Liga Champions. 

Dengan masih menyisakan empat pertandingan lagi, Arsenal dipastikan perlu bekerja keras untuk bisa memastikan mereka lolos ke Liga Champions. Mikel Arteta pun menegaskan bahwa dalam laga tersisa, semua hal masih mungkin terjadi. 

“Saya katakan ini akan seperti rollercoaster. Kemenangan dan kekalahan dalam liga ini adalah margin yang kecil. Hari ini segalanya berjalan sesuai kehendak kami dan kami sangat gembira,” tandasnya. 

Pelatih baru Manchester United, Erik Ten Hag, menolak berkomentar soal kekalahan Manchester United atas Arsenal.  

Erik memang belum memulai melatih secara langsung di Manchester United. Pelatih Belanda itu menegaskan saat ini masih mencurahkan semua energinya untuk Ajax. 

Ten Hag melihat Ajax selangkah lebih dekat mencapai gelar juara Liga Belanda setelah menang 1-0 melawan NEC hanya beberapa jam setelah United kalah 1-3 melawan Arsenal di Liga Inggris. 

“Saya tidak punya pendapat soal hasil yang dicapai Man United karena saya menunjukkan rasa hormat kepada orang-orang yang ada di Man United, dan saya bertanggung jawab kepada Ajax dan itulah yang saya komentari,” kata Ten Hag kepada Sky Sports

Ajax saat ini berada di puncak klasemen dengan 75 poin dari 30 laga, unggul empat poin dari PSV yang ada di bawahnya. Dengan empat laga tersisa, peluang tim asuhan Ten Hag untuk bisa menjadi juara Liga Belanda sangat terbuka. 

“Saya selalu fokus kepada pekerjaan yang harus saya lakukan, tidak peduli apa yang ada di sekitar saya,” kata Ten Hag yang akan melatih Manchester United mulai musim depan. 

Meski demikian, dia mengaku sudah mempertimbangkan sejumlah tantangan yang akan dihadapinya musim depan di Inggris. 

“Anda senantiasa menghabiskan waktu bagi masa depan, tetapi kepala dan energi saya tercurah kepada Ajax,” kata dia menambahkan seperti dikutip AFP. 

Manchester United kembali menderita kekalahan atas Arsenal setelah kalah 4-0 melawan Liverpool di Liga Inggris pada pertengahan pekan. Setan Merah saat ini masih berada di bawah manajer sementara Ralf Rangnick. 

Pada Kamis (21/4/2022) Manchester United mengumumkan bahwa Erik ten Hag akan menjadi pelatih Manchester United untuk musim 2022/2023. 

Ten Hag, yang saat ini masih membesut Ajax, akan menangani The Red Devils mulai 1 Juli 2022. 

Terkait peresmian Ten Hag, David de Gea memberikan tanggapan yang positif. 

“Sangat senang dengan keputusan yang telah dibuat klub sehingga sekarang kami semua tahu,” kata David de Gea seperti dilansir situs resmi Man United. 

“Kami tahu apa yang telah dia lakukan untuk Ajax. Dia hampir mencapai final Liga Champions, memenangi gelar, dan mengembangkan pemain, jadi saya sangat bersemangat,” terangnya. 

Penjaga gawang The Red Devils itu mengatakan, Erik ten Hag membuat strategi yang sangat bagus. “Saya pikir dia memainkan sepak bola dengan sangat bagus,” ujarnya.*** 

Susunan Pemain 

Arsenal (4-2-31) : Ramsdale, Cedric Soares, White, Gabriel, Tavares, Elneny, Xhaka, Saka (Holding 74’), Odegaard, Smith Rowe (Martinelli 64’), Nketiah. 

Pelatih: Mikel Arteta. 

Manchester United (4-2-3-1) : De Gea, Dalot, Lindelof, Varane, Telles, Matic (Lingard 78’), McTominay, Sancho, Fernandes (Mata 84’), Elanga (Rashford 78’), Ronaldo. 

Pelatih: Ralf Rangnick (Pelatih Adinterim)/Erik ten Hag (Pelatih baru resmi). 

Hasil Liga Inggris Pekan Ke-34 

Arsenal 3-1 Manchester United 

Gol: Nuno Tavares (3’), Bukayo Saka (penalti, 32’), Granit Xhaka (70’) – Cristiano Ronaldo (34’) 

Leicester City 0-0 Aston Villa 

Gol: –  

Manchester City 5-1 Watford 

Gol: Gabriel Jesus (4’, 23’, 49’ penalti, 53’), Rodri Hernandez (34’) – Hassane Kamara (28’). 

Norwich City 0-3 Newcastle United 

Gol: Joelinton (35’, 41’), Bruno Guimares (49’) 

Brentford 0-0 Tottenham Hotspur 

Gol: – 

Jadwal Liga Inggris 

Minggu, 24 April 2022 

20.00 WIB: Chelsea vs West Ham (Mola TV 1) 

20.00 WIB: Burnley vs Wolverhampton (Mola TV 2) 

20.00 WIB: Brighton Hove & Albion vs Southampton (Mola TV) 

22.30 WIB: Liverpool vs Everton (SCTV dan Mola TV 1) 

Selasa, 26 April 2022 

02.00 WIB: Crystal Palace vs Leeds United (Mola TV 1) 

Jadwal Bola Selengkapnya 

Minggu , 24 April 2022 

Liga Inggris Pekan ke-34 

20.00 WIB: Chelsea vs West Ham 

20.00 WIB: Burnley vs Wolverhampton 

20.00 WIB: Brighton vs Southampton 

22.30 WIB: Liverpool vs Everton (SCTV). 

Liga Italia Pekan ke-33, live Bein Sports 

17.30 WIB: Salernitana vs Fiorentina 

20.00 WIB: Empoli vs Napoli 

20.00 WIB: Bologna vs Udinese 

23.00 WIB: Genoa vs Cagliari. 

Liga Jerman Pekan ke-31, live Mola TV 

20.30 WIB: Bochum vs Augsburg 

22.30 WIB: Hertha Berlin vs Stuttgart (tvOne). 

Senin, 25 April 2022 

Liga Italia Pekan ke-33, live Bein Sport 

01.45 WIB: Lazio vs AC Milan (MNCTV). 

Liga Spanyol 

Laga tunda pekan ke-21, live Bein Sport 

02/00 WIB: Barcelona vs Rayo Vallecano. 

Selasa, 26 April 2022 

Liga Inggris Pekan ke-34, live Mola TV 

02.00 WIB: Crystal Palace vs Leeds United. 

Liga Italia Pekan ke-33, live Bein Sports 

01.45 WIB: Sassuolo vs Juventus. 

Komentar Facebook