Meriam London Sukses Ngebom Stamford Bridge, The Blues Panik 

Secara mengejutkan, Arsenal sukses membungkam Chelsea dengan skor 4-2 dalam partai Premier League 2021/2022 pekan ke-33 yang digelar di Stamford Bridge, Kamis (21/4/2022) dini hari WIB. 

Kejar-mengejar skor terjadi pada laga ini. Eddie Nketiah memborong dua gol Arsenal, sedangkan dua gol lainnya dicetak Emile Smith Rowe dan eksekusi penalti Bukayo Saka. 

Sementara itu, Chelsea sempat dua kali menyamakan kedudukan, masing-masing lewat aksi Timo Werner dan Cesar Azpilicueta. 

Dengan hasil duel itu, The Gunners alias Meriam London-julukan Arsenal-kini menghuni peringkat lima klasemen dengan poin 57, sama dengan poin Tottenham di peringkat empat. Di sisi lain, Chelsea masih menempati posisi ketiga dengan poin 62. 

Bukayo Saka  terpilih menjadi pemain terbaik dari bigmatch Premier League 2021/22 pekan ke-33 ini. 

Arsenal sukses memenangi laga ini dengan skor 4-2. Eddie Nketiah memborong dua gol Arsenal, sedangkan dua gol lainnya dicetak Emile Smith Rowe dan eksekusi penalti Saka. 

Sementara itu, Chelsea sempat dua kali menyamakan kedudukan, masing-masing lewat aksi Timo Werner dan Cesar Azpilicueta. 

Saka memang tampil istimewa pada laga ini. Tak cuma mencetak satu gol, bintang 20 tahun itu juga kerap meneror pertahanan Chelsea dengan 13 kali mengirim umpan di sepertiga area lawan. 

Saka tercatat sembilan kali memenangi penguasaan bola, terbanyak di antara pemain lain. Selain itu, ia juga delapan kali memenangi duel dengan lawan. 

Saka sangat berkontribusi dalam membantu timnya ketika bertahan. Saka tercatat 100 persen melakukan tekel sukses, empat kali melakukan intersep, dan tiga kali memenangi duel udara. 

The Blues-julukan Chelsea-unggul jauh dalam penguasaan bola dengan persentase sebesar 68 persen. 

Hanya saja, Sang Meriam London mencatatkan lebih banyak tembakan ke arah gawang dengan empat dari 14 lesatan. 

Sedangkan Chelsea melepaskan 11 tembakan namun hanya ada dua yang bisa mengarah ke gawang. 

Arsenal untuk sementara naik ke posisi lima dalam klasemen Liga Inggris 2022 dengan torehan 57 poin. 

Sementara Chelsea  masih setia di peringkat tiga dengan 62 poin. 

Usai laga, Pelatih Arsenal, Mikel Arteta memberikan sanjungan kepada Nketiah.  

Pelatih asal Spanyol itu juga membuat pengakuan kalau dirinya sempat berlaku tidak adil kepada anak asuhnya tersebut. 

“Saya berkata kepada dia, bahwa saya sempat berlaku tidak adil kepadanya. Saya seharusnya lebih sering memainkan dia,” ujar Mikel Arteta seperti dilansir BBC, Kamis (21/4/2022). 

“Apa yang dilakukan Eddie malam ini adalah karena apa yang telah dia lakukan selama 10 bulan terakhir dan tidak ada yang menyadarinya,” lanjutnya. 

“Kami juga memiliki masalah lain dan itu tidak mudah. Tapi dia pantas mendapatkan apa yang terjadi padanya malam ini,” sambung Arteta. 

Terlepas dari hal tersebut, kemenangan ini membuat tim berjuluk The Gunners itu berada di urutan lima dan membuat peluang mereka semakin terbuka untuk mentas di Liga Champions musim depan. Namun, perjalanan tim besutan Arteta itu masih cukup rumit. 

Pasalnya, Arsenal akan menantang Manchester United di laga berikutnya yang dijadwalkan pada Sabtu 23 April 2022 di Stadion Emirates.  

Tentu laga ini juga sangat penting untuk mereka mengingat Manchester United berada di urutan enam dan hanya memiliki selisih tiga poin saja. 

Andai bisa menang atas Setan Merah-julukan Manchester United-, maka Arsenal bisa mengurangi satu pesaing dalam memperebutkan posisi empat besar di akhir musim nanti. 

Untuk sementara, bisa bernapas lega setelah menyudahi periode buruk menelan tiga kekalahan beruntun. The Gunners menyudahi rentetan hasil minor tersebut dengan menumbangkan Chelsea 4-2. 

Kemenangan itu membuat harapan Arsenal untuk finis empat besar di Liga Inggris kembali terbuka. Kini, klub berjuluk Meriam London itu mengantongi nilai 57 dari 32 laga, sama dengan peringkat keempat yang ditempati Tottenham Hotspur. 

Tak heran, Mikel Arteta, tersenyum lebar setelah menyaksikan sumbangan dua gol Eddie Nketiah dan masing-masing gol dari Emile Smith Rowe dan Bukayo Saka. Empat gol dari para pemain akademi itu memastikan The Gunners kembali ke jalur kemenangan.  

“Kami mencetak empat gol bersama empat pemain akademi. Ini unik dan luar biasa,” kata Arteta. 

“Saya juga tahu fans kami kecewa dalam dua pekan terakhir, karena harapan yang kami ciptakan untuk mereka. Syukurlah hari ini kami bisa memberikan sesuatu kepada mereka,” imbuh Mikel Arteta. 

Arteta tidak mau anak asuhnya terlalu lama menikmati euforia kemenangan atas Chelsea. Partai berat lain sudah menunggu Tim Gudang Peluru

Arsenal sudah ditunggu duel kontra Manchester United (MU) pada akhir pekan ini. Laga tersebut sangat krusial dalam pacuan perebutan posisi empat besar Liga Inggris. 

Kemenangan akan membuat Arsenal membuka gap empat poin atas Setan Merah. Arteta pun tidak sabar menghadapi MU.  

“Sekarang saya berpikir tentang Manchester United. Pertandingan ini sudah selesai. Sekarang saatnya memulihkan diri, menyiapkan mental,” kata Arteta.  

“Kami sudah tidak punya waktu untuk mempersiapkan diri untuk laga. Jadi, kami butuh dukungan suporter untuk membuat Emirates menjadi neraka untuk Manchester United,” imbuhnya.  

Sementara itu, ketimbang mengkritik timnya atau kesalahan fatal Andreas Christensen, Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel pilih menyalahkan lapangan. 

Pelatih Chelsea asal Jerman itu mengklaim bola menggelinding dengan canggung ketika Christensen mencoba mengoper bola kembali ke Edouard Mendy, namun Eddie Nketiah berhasil menyerobot bola dan mencetak gol untuk membawa Arsenal unggul 1-0. 

Tuchel juga mengeluhkan masalah yang sama yang membuat Mendy melakukan blunder melawan Real Madrid, dengan Karim Benzema mengambil keuntungan pada kesempatan itu. 

“Lapangan di sini sangat sulit. Kondisi lapangan sama sekali tidak menguntungkan kami,” keluh Tuchel setelah pertandingan, seperti dilansir Sky Sports.  

“Bola memantul dengan sangat canggung di depan Andreas ketika dia ingin memainkan bola ini.” 

“Kami membuat kesalahan yang sama melawan Real Madrid di Liga Champions yang membuat kami gagal melaju ke babak berikutnya. Hal ini kembali merugikan kami lagi di sini,” sambung pelatih asal Jerman itu. 

Diakui Tuchel, Chelsea memang lebih mengontrol permainan, namun selalu tertinggal dari Arsenal, karena memberikan peluang cuma-cuma ke lawan. 

“Ini sangat sulit. Tidak sedikitpun dekat dengan kualitas tiga pertandingan terakhir dan kalau kualitas itu tak ada, Anda bisa kalah dari siapapun,” ungkapnya. 

Gol Arsenal yang dicetak Eddie Nketiah dan Emile Smith Rowe direspons tuan rumah melalui Timo Werner dan Cesar Azpilicueta. 

Di babak kedua, Chelsea kembali kecolongan dua gol dari Eddie Nketiah serta Bukayo Saka yang tak bisa dibalas lagi. 

“Kami tidak puas. Kami sekarang punya tiga kekalahan kandang dengan jumlah kesalahan yang luar biasa. Kami perlu menemukan solusi. Saya tak punya itu saat ini,” kata Thomas Tuchel. 

Secara keseluruhan, pertandingan berjalan dengan rentan kesalahan dari Chelsea. 

Gol pertama Arsenal misalnya, tercipta berkat kesalahan Chelsea, ketika gelandang Chelsea keliru melakukan umpan. Gol kedua tim tamu juga buah kegagalan antisipasi bek terhadap sebuah serangan cepat. 

Thomas Tuchel menyebut, timnya justru memudahkan langkah Arsenal untuk menang, meski pun Chelsea sedang dalam momentum bagus menuju laga ini, usai memetik tiga kemenangan beruntun. 

“Sejumlah kesalahan individu yang tak bisa Anda atasi. Anda tak bisa memberikan tiga gol ini begitu saja. Saya benci kekalahan dan kalah tiga kali di kandang itu tak bisa diterima. Saya tak tertarik memuji atau mengkritik pemain-pemain individu sekarang ini, setelah sebuah performa tim yang begini,” kata Thomas Tuchel.*** 

Susunan Pemain 

Chelsea (3-4-3) : Mendy; Azpilicueta, Christensen/T. Silva (46’), Sarr; James, Kante, Loftus-Cheek, Alonso/Ziyech (81’); Mount, Lukaku/Havertz (60’), Werner. 

Pelatih: Thomas Tuchel. 

Arsenal (4-2-3-1) : Ramsdale; Holding, White, Gabriel, Tavares; Elneny, Xhaka; Saka/Lacazette (90’), Odegaard, Smith Rowe/C. Soares (75’); Nketiah/Martinelli (70’). 

Pelatih: Mikel Arteta. 

Hasil Liga Inggris 

Rabu, 20 April 2022 

Liverpool 4 – 0 Manchester United 

Gol: Luis Diaz 5’, Mohamed Salah 22’, 85’, Sadio Mane 68’ 

Kamis, 21 April 2022 

Everton 1 – 1 Leicester City 

Gol: Harvey Barnes 5’ 

Chelsea 2 – 4 Arsenal 

Gol: Timo Werner 17’, Cesar Azpilicueta 32’; Eddie Nketiah 13’, 57’, Emile Smith Rowe 27’, Bukayo Saka 90+2’ 

Newcastle United 1 – 0 Crystal Palace 

Gol: Miguel Almiron 32’ 

Manchester City 3 – 0 Brighton and Hove Albion 

Gol: Riyad Mahrez 53’, Phil Foden 65’, Bernardo Silva 82’ 

Jadwal Premier League 

Rabu, 20 April 2022 

Liverpool 4-0 Manchester United (Luis Diaz 5’, Mohamed Salah 22’, 85, Sadio Mane 68’) 

Kamis, 21 April 2022 

01:45 WIB – Chelsea vs Arsenal – SCTV, Mola 

01:45 WIB – Everton vs Leicester City – Mola 

01:45 WIB – Newcastle vs Crystal Palace – Mola 

02:00 WIB – Manchester City vs Brighton – Mola 

Jumat, 22 April 2022 

01:45 WIB – Burnley vs Southampton – Mola 

Komentar Facebook