Peringati Hari Hutan Internasional, DPD RTI Kalteng Gelar Penanaman Pohon Bersama BEM-Sekota Palangka Raya 

Dalam rangka memperingati Hari Hutan Internasional, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Rumah Tani Indonesia (RTI) menggelar Penanamam Pohon Bersama BEM-Se Kota Palangka Raya, Pemerintah Desa Tumbang Nusa dan Masyrakat Tumbang Nusa. 

Hal tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap hutan dan alam dimana penamaan pohon untuk mengurangi Polusi dan perubahan Iklim yang tidak menentu. 

Kegiatan di awali dengan berdoa bersama dan sambutan-sambutannya dan di akhiri dengan penamaan Pohon secara simbolis serta diskusi dan foto bersama. 

Dalam sambutannya Kordinator Lapangan Sevana Dewi Menyampaikan bahwa “Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut terlibat aktif dalam menjaga hutan dan alam” 

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Rumah Tani Indonesia (RTI) Kalimantan Tengah Petrus Tampubolon mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kesadaran akan pentingnya menjaga hutan dan alam. 

Dia menerangka kegiatan di bertempat Tumbang Nusa yang Merupakan salah satu daerah Prioritas Restorasi Gambut untuk menghindari terjadi kebakaran lahan seperti tahun 2015 dan 2017. 

“Penanaman Pohon memang bukanlah solusi utama, namun setidaknya kita memiliki kesadaran untuk merawat dan menjaga hutan dengan melakukan penanaman pohon di daerah yang rawan, termasuk Desa Tumbang Nusa,” ucap Ketua DPD RTI, Petrus Tampubolon saat dibincangi. 

Dirinya juga menyampaikan, kegiatan ini bekerjasama dengan semua elemen dalam rangka menyukseskan dan ikut terlibat dalam kampanye penanaman pohon, untuk mengedukasi betapa pentingnya menjaga lingkungan dan hutan. 

“Saya sangat menyambut baik Kehadiran RTI di kalimantan Tengah dan mengucapkan terimakasih atas kegiatan ini, yang membantu pemerintah desa dalam menjaga hutan dan lingkungan,” ungkap Sekretaris Desa Tumbang Nusa 

Dalam Kesempatan itu juga, kegiatan ini di kawal oleh Ditlantas Polda kalteng dan di support oleh berbagai lembaga, termasuk Polres Palangka Raya, Polres Kab. Katingan, DPRD Pulpis, DPR RI dan Borneo Institute. 

Kegiatan ini melibatkan 60 pemuda/mahasiswa yang tergabung dalam 12 lembaga yang ikut bekerjasama dengan DPD RTI Kalteng untuk memperingati Hari Hutan Internasional.

Komentar Facebook