Sang Meriam Gagal Bidik The Saints

Arsenal kembali menelan kekalahan di Liga Inggris usai keok dari Southampton 0-1. Ini merupakan kekalahan tiga kali beruntun The Gunners alias Sang Meriam London-julukan Arsenal- di lima laga terakhir. 

Duel pada pekan ke-33 Liga Premier Inggris antara Southampton vs Arsenal, berlangsung di Stadion St Mary’s, Inggris pada Sabtu (16/4/2022) pukul 21.00 WIB. Gol Southampton dicetak Jan Bednarek pada menit ke-44. 

 Peringkat 6 meski memiliki poin sama 54 dengan Manchester United yang baru saja menang lawan Norwich 3-2. 

Secara mengejutkan Sang Meriam London yang diunggulkan dari tuan rumah, ternyata tak mampu menahan gempuran dari The Saints-julukan Southampton. 

Dengan hasil ini, Southampton berada di urutan ke-12 dengan perolehan 39 poin klasemen sementara Liga Inggris. 

Sedangkan Arsenal ada di peringkat ke-6, yakni di bawah Manchester United dengan torehan 54 poin yang sama di klasemen. 

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta mengatakan sulit menerima kekalahan dari Southampton, sebab timnya begitu menguasai permainan dan bola. Menciptakan peluang gol, namun tidak berbuah hasil. 

“Ini sulit untuk diterima. Kami memiliki keunggulan possession, kami menciptakan situasi tetapi produk akhirnya tidak bagus. Anda harus mencetak gol untuk memenangkan pertandingan,” kata Arteta dilansir laman resmi Liga Primer. 

“Apa lagi yang bisa saya katakan? Para pemain sudah tampil dengan cara bermain yang seharusnya mereka mainkan tetapi di dalam kotak adalah tempat segala sesuatu didefinisikan,” imbuhnya. 

Jalannya pertandingan, Arsenal memulai pertandingan dengan serangan massif ke pertahanan Southampton. 

Variasi serangan berhasil dibangun oleh tim asuhan Mikel Arteta dari berbagai lini untuk membongkar pertahanan The Saints -julukan Southampton. 

Sayangnya, upaya tersebut tidak membuahkan hasil untuk The Gunners -julukan Arsenal. Penampilan apik penjaga gawang Southampton, Fraser Foster berhasil membungkam lini depan Arsenal. 

Terpantau, beberapa kali peluang emas Gabriel Martinelli berhasil digagalkan oleh penjaga gawang berusia 34 tahun itu. Meski begitu, The Saints berhasil memanfaatkan beberapa serangan balik menjadi peluang. 

Hasilnya positif, Southampton mampu membuka peluang sebelum kedua tim turun minum. Adalah Jan Bednarek pada menit ke-44, yang mampu membawa The Saints unggul sebelum turun minum. Babak pertama pun berakhir untuk keunggulan Southampton atas Arsenal 1-0. 

Pada babak kedua, The Gunners yang tengah tertinggal langsung berinisiatif untuk mendominasi pertandingan. Terpantau, Arsenal berhasil unggul dalam penguasaan bola atas tim tuan rumah. 

Namun, kali ini serangan mereka terfokus pada sisi sayap kanan dan kiri. Akan tetapi, solidnya pertahanan Southampton terpantau sulit ditembus oleh pasukan Martin Odegaard dan kolega. 

Memasuki menit ke-60, Arteta memasukkan Emile Smith Rowe untuk menambah daya gedor The Gunners. Pemain asal Inggris itu diplot untuk membantu serangan Arsenal dari sisi sayap. 

Namun demikian, lini belakang Southampton yang kukuh berhasil menghentikan bombardier serangan The Gunners. Pada akhirnya, Southampton berhasil mengalahkan Arsenal dengan skor tipis 1-0.*** 

Susunan Pemain 

Southampton (4-5-1) : Fraser Foster, Walker-Peters, Jan Bednarek, Lyanco, Romain Perraud, Yan Valery, Stuart Armstrong (Redmond 82’), Oriol Romeu, Ward-Prowse, Mohammed Elyounoussi (Livramento 90+2’), Armando Broja (Long 74’). 

Pelatih: Ralph Hasenhuttl. 

Arsenal (4-3-3) : Aaron Ramsdale, Cedric Soares (Smith Rowe 60’), Ben White, Gabriel Magalhaes, Nuno Tavares (Pepe 70’), Martin Odegaard, Albert Sambi-Lokonga, Granit Xhaka, Bukayo Saka, Eddie Nketiah, Gabriel Martinelli. 

Pelatih: Mikel Arteta. 

Hasil pertandingan dan klasemen, Minggu (17/4/2022) WIB 

Piala FA Inggris 2021/2022 (semifinal) 

Manchester City vs Liverpool 2-3 

Liga Primer Inggris 2021/2022 

Tottenham Hotspur vs Brighton & Hove Albion 0-1 

Manchester United vs Norwich City 3-2 

Southampton vs Arsenal 1-0 

Watford vs Brentford 1-2 

La Liga Spanyol 2021/2022 

Real Sociedad vs Real Betis 0-0 

Elche vs Mallorca 3-0 

Deportivo Alaves vs Rayo Vallecano 1-0 

Valencia vs Osasuna 1-2 

Getafe vs Villarreal 1-2 

Serie A Liga Italia 2021/2022 

Cagliari vs Sassuolo 1-0 

Sampdoria vs Salernitana 1-2 

Udinese vs Empoli 4-1 

Fiorentina vs Venezia 1-0 

Juventus vs Bologna 1-1 

Lazio vs Torino 1-1 

Bundesliga Jerman 2021/2022 

Augsburg vs Hertha Berlin 0-1 

Borussia Dortmund vs Wolfsburg 6-1 

Freiburg vs Bochum 3-0 

Mainz vs VfB Stuttgart 0-0 

Borussia Monchengladbach vs FC Cologne 1-3 

Ligue 1 Prancis 2021/2022 

Rennes vs Monaco 2-3 

Saint-Etienne vs Brest 2-1 

Lille vs Lens 1-2 

Komentar Facebook