Sukses Permalukan The Citizens, Incar Empat Gelar Sekaligus The Reds Melaju Ke Final

Liverpool asuhan Jurgen Klopp berhasil mempermalukan penghuni tahta pertama Liga Premier Inggris, Manchester City, dengan skor 3-2 dalam duel semi final Piala FA, yang digelar di Stadion Wembley, London, Sabtu (16/04/2022) malam WIB. 

Adapun pencetak gol untuk Liverpool yaitu Ibrahima Konate pada menit ke-9, dan Sadio Mane mencetak brace yaitu pada menit ke-17 dan menit ke-45. 

Sementara dua gol Manchester City dilesakkan oleh Jack Grealish di menit ke-47 usai mendapat umpan dari Gabriel Jesus dan gol dari Bernardo Silva pada menit ke-90. 

Liverpool unggul cepat pada menit ke-9 dari gol Ibrahima Konate. Lalu, pada menit ke-17, Sadio Mane menggandakan skor untuk Liverpool. Mane menutup babak kedua menjadi 3-0 setelah mencetak gol pada menit ke-45. 

Pada babak kedua, The Citizens-julukan Manchester City-bangkit dan sempat mendapat momen untuk menyamakan skor. Tapi, mereka hanya mencetak dua gol dari aksi Jack Grealish dan Bernardo Silva. 

Hasil ini membuat Liverpool berhak melaju ke final Piala FA. Pasukan Jurgen Klopp akan berjumpa pemenang duel Chelsea kontra Crystal Palace di final. 

Kemenangan ini membuat The Reds alias Si Merah, julukan Liverpool, berpeluang meraih empat gelar dalam semusim alias quadruple

Sejauh ini, The Reds sudah mengemas satu trofi yaitu Piala Liga Inggris. Akan ada tiga gelar yang dapat diraih oleh Liverpool yaitu Liga Champions (semifinalis), Piala FA (finalis), dan Liga Inggris (urutan ke-2). 

Dengan dua gol atau brace yang dicetak penyerang Liverpool, Sadio Mane, dirinya menyamai rekor dua legenda Liverpool. 

Penyerang asal Senegal mencetak gol kedua dan ketiga The Reds setelah Ibrahima Konate membuka keunggulan Liverpool. 

Torehan Sane hari itu membuatnya menyamai rekor dua pemain hebat Liverpool sebelumnya. 

Menurut Opta, Mane menjadi pemain Liverpool pertama yang mencetak dua gol di semifinal Piala FA sejak Robbie Fowler melawan Aston Villa pada 1996. 

Dalam laga tersebut, Fowler menyumbang dua gol saat The Reds menang 3-0 atas The Villans. Di final, Liverpool asuhan kalah 0-1 dari Manchester United. 

Rekor Mane selanjutnya adalah menjadi pemain pertama yang mencetak brace untuk Liverpool di Wembley sejak Steve McManaman di final Piala Liga melawan Bolton pada 1995. 

Mane bermain selama 85 menit dan digantikan Diogo Jota. Di akhir laga pemain terbaik Afrika 2021 terpilih sebagai man of the match

Sepanjang musim ini, Sadio Mane telah mencetak 18 gol dan 2 assist dari 41 pertandingan di semua kompetisi bersama The Reds. 

Sementara, keberhasilan melaju ke final Piala FA membuka peluang Liverpool merebut quadruple musim ini. 

Setelah mengangkat Piala Liga awal tahun ini, The Reds masih bersaing di trek juara Liga Inggris dan Liga Champions. 

Selanjutnya, Jurgen Klopp dan skuadnya akan menjamu Manchester United pada laga lanjutan Premier League pada Selasa (19/4/2022). 

Mereka akan menghadapi pemenang antara Chelsea vs Crystal Palace yang baru akan bermain pada Minggu (17/4/2022) malam WIB. 

“Ini hari yang spesial karena kami bermain lawan salah satu klub terbaik di dunia,” kata Sadio Mane, usai pertandingan berakhir. 

“Menang dengan cara seperti ini, khususnya di semifinal, adalah sebuah kemenangan yang sangat besar. Kami sangat senang dengan kemenangan ini dan berhasil melangkah ke final,” tambahnya. 

Menurut Sadio Mane, Timnya di Liverpool memulai laga ini dengan baik. Mantan bintang Southampton ini mengakui bahwa gol pertama yang diciptakannya memang ada andil kesalahan kiper. 

“Tapi, saya kira kami mampu memberikan tekanan kepadanya yang membuatnya melakukan kesalahan. Itulah gaya kami dan saya kira itu pula yang membuat perbedaan,” tuturnya. 

Sadio Mane pun antusias bahwa dengan melangkah ke final, Liverpool kini memiliki peluang untuk meraih quadruple (empat gelar). 

Liverpool telah meraih gelar Piala Liga Inggris musim ini. Mereka juga berpeluang di Liga Inggris dan Liga Champions. 

Sadio Mane juga berandil besar ketika membawa Liverpool ke semifinal Liga Champions lewat gol yang diciptakannya lawan Benfica. 

Dalam duel ini, Pelatih Manchester City, Josep Pep Guardiola tidak memainkan sosok pemain penting dari The Citizens yang tidak terlihat di lapangan, yakni Kevin De Bruyne. 

Seperti diketahui, Kevin De Bruyne merupakan sosok kunci dari permainan City dan sering kali menjadi penyelamat bagi timnya. 

Terkait hal tersebut, Pep Guardiola enggan menurunkan pemain asal Belgia itu karena tidak ingin memperparah cedera sang pemain. 

“Dia masih memiliki empat jahitan di kaki kanannya. Dia bisa berjalan dan berlari, tapi tidak untuk terkena bola,” Pep menjelaskan. 

“Jika dia bermain dan jahitannya terbuka dua atau tiga, mungkin kami akan kehilangannya lebih lama lagi,” imbuhnya. 

Dengan tersingkirnya Manchester City di Piala FA, peluang mereka meraih gelar musim ini tinggal di ajang Liga Inggris dan Liga Champions. 

Setelah ini Manchester City akan berhadapan dengan Brighton & Hove Albion di Liga Inggris pada 21 April 2022 mendatang. 

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp sangat gembira dengan keberhasilan timnya, yang memastikan peluang meraih empat gelar sekaligus (quadruple) tetap terjaga. 

“Oh benar-benar bangga, ini luar biasa. Saya pikir babak pertama adalah salah satu yang terbaik yang pernah kami mainkan,” tutur Klopp seperti dilansir BBC Sport

“Kami melakukan semua hal yang tepat, mencetak gol pada saat yang tepat, kami memainkan permainan yang luar biasa di babak pertama, saya harus mengatakan. Saya menyukai setiap detiknya, “ tambahnya. 

Jurgen Klopp menjelaskan, babak kedua dimulai dengan gol Manchester City dan kemudian terjadi permainan terbuka. 

“Kualitas City gila dan Anda bisa melihat itu adalah permainan yang jauh lebih terbuka. Kami memiliki situasi kami sendiri. (Komentator TV) Micah Richards mengatakan itu semua situasi City, tetapi kami memiliki serangan balik kami dan kami bisa menutup pertandingan di sana, tetapi kami sangat menghormati kualitas City,” terangnya. 

Menurut Jurgen Klopp, sangat tidak mudah melawan pasukannya Pep Giardiola. Tapi Si Merah memang sudah bertekad memenangkan duel. 

“Sangat sulit untuk menang melawan mereka, tetapi karena para pemain ini di ruang ganti saya, kami memiliki peluang. Cukup bagi saya untuk mencobanya,” lanjut Klopp. 

Kemenangan ini memastikan Liverpool tetap di jalur untuk meraih quadruple. Mereka telah memenangkan Piala Liga, melaju ke semi final Liga Champions, dan terus menekan Manchester City dalam perburuan gelar Liga Inggris. 

“Pembicaraan quadruple… saya tidak bisa mempercayainya,” kata Klopp. “Dengan pertandingan ini sekarang, saya tidak yakin kami memiliki waktu seminggu penuh lagi sebelum hari pertandingan terakhir, jadi semuanya sulit.” 

“Tapi siapa peduli, kami datang ke sini ingin lolos ke final, kami tahu tentang masalahnya, tetapi quadruple – lolos ke final semacam ini membuatnya semakin sulit.” 

“Itu satu-satunya cara untuk melakukannya tetapi membuatnya lebih sulit juga, jadi ini situasi yang aneh. Tapi semuanya baik-baik saja, kami sangat bahagia. Kami mengalahkan tim terbaik di dunia dan itu momen yang cukup istimewa,” tandas Jurgen Klopp. 

Liverpool masih menanti lawan untuk laga final Piala FA. Semifinal lainnya akan mempertemukan Crystal Palace dan Chelsea di Wembley, Minggu (17/04/2022) malam.*** 

Susunan Pemain 

Manchester City (4-3-3) : Zack Steffen, Joao Cancelo, John Stones, Nathan Ake, Oleksandr Zinchenko, Bernardo Silva, Fernandinho, Phil Foden, Gabriel Jesus (Mahrez 83’), Raheem Sterling, Jack Grealish. 

Pelatih: Josep Guardiola. 

Liverpool (4-3-3) : Alisson Becker, Trent Alexande-Arnold, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Andy Robertson, Naby Keita (Henderson 73’), Fabinho, Thiago (Jones 87’), Mohamed Salah, Luiz Diaz (Firmino 85’), Sadio Mane (Jota 85’). 

Pelatih: Jurgen Klopp. 

Hasil Liga Inggris 2021/2022 

Pekan Ke-33 

Sabtu (16/4/2022) 

Tottenham Hotspur 0-1 Brighton & Hove Albion 

Gol: Leandro Trossard (90) 

Southampton 1-0 Arsenal  

Gol: Jan Bednarek (44) 

Manchester United 3-2 Norwich City 

Gol: Cristiano Ronaldo (7, 32, 76) – Teemu Pukki (45+1, 52) 

Watford 1-2 Brentford 

Gol: Emmanuel Dennis (55) – Christian Norgaard (15), Pontus Jansson (90+5) 

Pekan Ke-31 

Jumat (8/4/2022) 

 Newcastle United 1-0 Wolves 

Sabtu (9/4/2022) 

Everton 1-0 Manchester United 

Arsenal 1-2 Brighton 

Watford 0-3 Leeds United 

Southampton 0-6 Chelsea 

Aston Villa 0-4 Tottenham 

Minggu (10/4/2022) 

Brentford 2-2 West Ham United 

Leicester City 2-1 Crystal Palace 

Norwich City 2-0 Burnley 

Manchester City 2-2 Liverpool 

Komentar Facebook