The Clarets Sukses Pecundangi The Saints 

Burnley mengklaim tiga poin penting usai membungkam Southampton dalam laga tunda pekan ke-30 Liga Premier Inggris 2021/2022, yang berlangsung di Turf Moor, Kamis (21/4/2022) malam waktu lokal atau Jumat (22/4/2022) dini hari WIB.  

Dari duel ini, The Clarets -julukan Burnley- menang meyakinkan dengan skor 2-0. 

Ini kemenangan pertama mereka sejak hengkangnya Pelatih Sean Dyche. The Clarets bergerak menuju zona aman atau peringkat 18 dengan 28 poin, hanya tertinggal satu angka dari Everton yang bertengger di posisi 17. 

Connor Roberts mengejutkan The Saints -julukan Southampton- pada menit ke-12 dengan penyelesaian luar biasa dari kaki kirinya. 

Roberts melepaskan tembakan melengkung ke sudut atas dari luar kotak untuk memberi tuan rumah keunggulan. 

Nathan Collins menambah keunggulan Burnley pada menit ke-44. Collins melompat tinggi dan menyambut tendangan sudut dan mengarahkan sundulannya ke dalam tiang gawang. Gol sah setelah pemeriksaan Video Assistant Referee (VAR)

“Sudah tertanam dalam diri kami untuk bertarung. Kami mungkin bukan tim terbaik tapi kami berjuang sampai akhir dan kualitas kami tunjukkan. Ini adalah tiga poin besar,” tutur Connor Roberts kepada Sky Sports

“Akan selalu ada keyakinan. Kami tahu kami punya kualitas. Kami akan memberikan segalanya untuk mencoba dan mempertahankan klub ini 9di Liga Primer). Kami memiliki lima pertandingan untuk memberikan segalanya. Dia (Mike Jackson) tidak mengubah segalanya tetapi telah memberi kami sedikit lebih banyak kebebasan untuk melakukan apa yang kami inginkan,” sambungnya. 

Sementara Nathan Collins mengatakan, hasil duel ini menjadi kemenangan bagus untuk tim. 

“Kami Semua orang menikmati sepak bola mereka dan kami menciptakan peluang. Saya tidak melihat Everton, kami berkonsentrasi pada diri kami sendiri,” ujarnya. 

Kemenangan Burnley di pertandingan ini dinodai dengan 2 kartu kuning untuk Southampton dan 2 untuk tim tuan rumah Burnley. 

Di laga ini, Burnley memang terbukti lebih dominan. Mereka mencetak penguasaan bola hingga 43 persen. Mereka mampu melepaskan 16 tembakan dan 6 di antaranya mengarah ke gawang.  

Sementara, Southampton tampil cukup tertekan karena cuma mencetak penguasaan bola 57 persen. 

Burnley masih belum bisa bangkit dan keluar dari zona merah. Mereka saat ini ada di urutan 18 dengan 25 poin atau terpaut 3 angka dari Everton di zona aman. 

Sedangkan Southampton berada di posisi yang lebih bagus. Pasukan Ralph Hasenhuttl ada di peringkat 12 dengan 39 poin. Artinya, kemenangan ini nyaris memastikan posisi Southampton di Premier League musim depan. 

Sebenarnya, laga ini harusnya menjadi momen terpenting bagi Burnley. Kemenangan wajib mereka raih untuk lepas dari zona merah.  

Tambahan 3 poin di laga ini memang bisa membuat Burnley naik ke urutan 17, asalkan dalam duel Everton kalah dari Leicester City. 

Satu keuntungan Burnley adalah dari sisa 7 pertandingan musim ini, 4 laga akan digelar di Turf Moor.  

Dari 4 laga tersebut, 2 di antaranya akan dimainkan dalam waktu kurang dari sepekan ke depan.  

Setelah menghadapi Southampton, The Claretsdijadwalkan menjamu Wolverhampton Wanderers. 

Burnley sendiri punya modal bagus jelang 2 laga krusial tersebut. Akhir pekan kemarin, mereka sukses menahan imbang West Ham ketika skuad Burnley baru saja ditinggal pelatih Sean Dyche. Bahkan, kemenangan nyaris mereka amankan jika Maxwel Cornet bisa mengeksekusi penalti dengan baik di akhir babak pertama. 

“Kami harus melupakan hasil itu dan fokus ke laga berikutnya. Kami akan menghadapi Wolves. Ini menjadi kesempatan bagus, karena Wolves juga akan kami hadapi di kandang sendiri,” kata gelandang Burnley, Jack Cork. 

Southampton sendiri akhir minggu kemarin berhasil bangkit dari keterpurukan. Usai dihajar Chelsea 0-6 di St. Mary’s, Southampton bangkit dengan mengalahkan Arsenal 1-0 di tempat yang sama. 

Menghadapi Burnley, Pelatih Southampton, Hasenhuttl mengaku tak menganggap remeh sang lawan. 

Di Premier League, tim papan atas maupun papan tengah kerap kesulitan ketika bertemu tim yang sedang berjuang menghindari degradasi. 

Apalagi Burnley sedang membawa semangat baru bersama pelatih sementara mereka yakni Michael Jackson. 

“Persiapan melawan Burnley sedikit lebih sulit karena situasi di tim mereka. Sedikit perubahan bisa membawa mereka bermain bagus saat menghadapi West Ham. Kami tetap waspada terhadap Burnley,” ujar Hasenhuttl. 

Saat ini, Burnley terancam terdegradasi akibat tampil melempem. Tim berjuluk The Clarets itu hanya mampu menduduki posisi 18 dengan raihan 25 poin dari 14 kemenangan, 13 hasil imbang, dan 9 kekalahan. 

Sedangkan Southampton menunjukkan performa yang serupa. The Saints hanya mampu bertengger di posisi 12 dengan koleksi 39 poin dari 9 kemenangan, 12 hasil imbang, dan 11 kekalahan. 

Jika ditinjau dari bentrokan terakhir kedua tim di tahun lalu, Burnley dan Southampton tampil sama tangguh dengan skor 2-2. 

Dengan kemenangan kali ini, Burnley memberi tekanan pada Everton dalam persaingan untuk melepaskan diri dari jerat degradasi. 

Tim itu menempati posisi ke-18 klasemen, yang merupakan zona degradasi, dengan nilai 28 dari 32 laga. Mereka hanya tertinggal satu poin dari Everton yang ada di atasnya dan baru bermain 31 kali. 

Bagi Southampton, kekalahan ini membuat mereka hanya bisa menang sekali dalam lima laga terakhirnya. Mereka ada di posisi ke-13 klasemen dengan nilai 39. 

Rangkaian jadwal Liga Inggris akan kembali bergulir pada akhir pekan ini. Laga pekan ke-34 antara lain akan menampilkan partai Arsenal vs Manchester United, Manchester City vs Watford, Liverpool vs Everton, dan Chelsea vs West Ham United.*** 

Susunan Pemain 

Burnley (4-4-2) : Nick Pope; Connor Roberts, James Tarkowski, Nathan Collins, Charlie Taylor; Jack Cork, Josh Brownhill, Aaron Lennon, Maxwel Cornet; Jay Rodriguez, Wout Weghorst.  

Pelatih: Michael Jackson. 

Southampton (3-4-3) : Fraser Forster; Yan Valery, Lyanco, Jan Bednarek; Tino Livramento, Kyle Walker-Peters, Oriol Romeu, James Ward-Prowse; Stuart Armstrong, Mohamed Elyounoussi, Che Adams. 

Pelatih: Ralph Hasenhuttl. 

Hasil Liga Inggris, Jumat, 22 April 2022 

Burnley 2-0 Southampton (Connor Roberts 12’, Nathan Collins 44’) 

Liverpool 4-0 Manchester United (Luis Diaz 5’, Mohammed Salah 22’ 85’, Sadio Mane 68’). 

Everton 1-1 Leicester City (Richarlison 90+2’/Harvey Barnes 5’) 

Chelsea 2-4 Arsenal (Timo Werner 17’, Cesar Azpilicueta 32’/ Eddie Nketiah 13’ 57’, Emile Smith Rowe 27’, Bukayo Saka 90+2’) 

Newcastle United 1-0 Crystal Palace (Miguel Almiron 32’) 

Manchester City 3-0 Brighton (Riyad Mahrez 53’, Phil Foden 65’, Bernardo Silva 82’) 

Jadwal Pertandingan Liga Inggris 

Sabtu, 23 April 

18.30 WIB, Arsenal vs Man United 

21.00 WIB, Leicester vs Aston Villa 

21.00 WIB, Man City vs Watford 

21.00 WIB, Morwich vs Newcastle 

23.30 WIB, Brenford vs Tottenham 

Minggu, 24 April 

20.00 WIB, Burnley vs Wolves 

20.00 WIB, Chelsea vs West Ham United 

20.00 WIB, Brigthon vs Southampton 

22.30 WIB, Liverpool Everton 

Selasa, 26 April 

02.00 WIB, Crystal Palace vs Leeds United. 

Daftar Top Skor Liga Inggris 

Mohamed Salah (Liverpool): 22 gol 

Son Heung-Min (Tottenham): 17 gol 

Diogo Jota (Liverpool): 15 gol 

Cristiano Ronaldo (Man United): 15 gol 

Sadio Mane (Liverpool): 14 gol 

Komentar Facebook