Safari Lebaran Prabowo: Temui Jokowi, Megawati, hingga Habib Luthfi


Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, melakukan safari ke sejumlah tokoh pada hari raya Idulfitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022.

Safari itu langsung dilakukan Prabowo usai melakukan Salat Id di Masjid Nurul Wathan, Hambalang, Kabupaten Bogor pada Senin (2/5).

Sosok pertama yang ditemui Prabowo ialah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan antara Prabowo dan Jokowi berlangsung di Istana Keraton, Yogyakarta.

Prabowo mengaku mendapatkan kehormatan besar bisa diterima dan dijamu oleh Jokowi. Bagi dia, silaturahmi kepada Jokowi dan keluarga telah menjadi tradisi.

“Kami berbincang-bincang secara ringan. Kami sama-sama cocok tinggal di Bogor. Dan saya kira ya intinya itu tadi juga selain itu saya tadi makan bakso dan tempe bacem, opor. Ada dua macam ya pak opornya tadi,” katanya.

Lewat pertemuan ini, Prabowo dan Jokowi pun menatap datangnya tahun-tahun yang lebih baik dengan optimistis.

“Terima kasih bapak presiden, kehormatan besar dan kami optimis hadapi tahun yang akan datang ini,” ucap Menteri Pertahanan (Menhan) itu.

Selanjutnya, Prabowo berlebaran ke rumah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jakarta Pusat.

Prabowo dan Megawati sempat saling berbagi kisah lucu dalam kesempatan tersebut.

Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga mengatakan dalam pertemuan tersebut tidak ada pembahasan tentang Pemilu 2024.

“Tadi kami mendengar langsung tidak ada pembicaraan yang mengarah kepada politik, bahkan cerita yang lucu-lucu, ada yang pangkatnya sudah Mayor turun lagi jadi Kapten pada zaman-zaman perjuangan dulu seperti itu. Jadi pemangkatan dulu kan masih belum sempurna seperti sekarang,” ujar Eriko.

Sementara itu, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menyebut PDIP dan Gerindra memiliki hubungan yang cukup baik. Pertemuan hari ini adalah murni menyambung tali silaturahmi di antara keduanya.

“Pembicaraan santai, tidak berbicara politik, tradisi-tradisi yang sudah lama sekali tidak bicara tentang hal-hal yang serius tapi pembicaraan santai tentang makanan, terus cerita-cerita ringan tentang sejarah,” kata Muzani.

“Sebenarnya hubungan antara PDIP dan Gerindra adalah hubungan yang cukup akrab. Kedua tokoh juga hubungannya secara pribadi dan keluarga juga cukup bagus sehingga pertemuan hari ini ya di hari lebaran ini menyambung sesuatu yang memang tali temalinya sudah pernah tersambung,” lanjutnya.

Sehari berselang, Prabowo melanjutkan safarinya dengan mengunjungi beberapa ulama di wilayah Jawa Timur.

Beberapa ulama yang ditemui adalah Pimpinan Pondok Pesantren Walisongo di Situbondo Kiai Kholil As’ad, dan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember Kiai Ahmad Muzaki Syaha.

“Ya saya berkunjung untuk halal bi halal lebaran ya dan silaturahmi dengan sahabat lama saya,” kata Prabowo.

Sementara itu, Muzani mengungkapkan tidak ada pembahasan politik dalam pertemuan itu.

“Tidak ada pembicaraan politik. Pertemuan hanya sebatas halal bi halal dan memperkuat tali silaturahmi antar sesama sahabat lama,” ungkap Muzani.

Muzani menyebut kunjungan Prabowo sudah lama direncanakan sebab ulama-ulama tersebut merupakan sahabat lamanya. Dalam pertemuan itu, Muzani memaparkan Prabowo makan siang bersama para ulama.

Di hari yang sama, Selasa (3/5), Prabowo melanjutkan kunjungan dengan menemui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Muzani menyampaikan, ada beberapa hal yang dibahas pada kesempatan ini.

Menurutnya, Khofifah menjelaskan soal produk pertanian di Jawa Timur yang mampu menyuplai kebutuhan pangan wilayah Indonesia Timur.

“Tadi Bu Khofifah menyampaikan kepada Pak Prabowo tentang produk-produk pertanian dan buah-buahan yang mampu menggerakkan perekonomian sepuluh kabupaten di Jawa Timur,” kata Muzani yang mendampingi Prabowo.

“Jadi kabupaten ini memiliki penghasilan padi yang mampu men-supply kebutuhan di wilayah Indonesia Timur,” katanya lagi.

Muzani juga mengungkap hal menarik dalam kesempatan itu, yaitu salah satu makanan yang disediakan adalah nanas. Buah ini merupakan unggulan Jawa Timur yang ditanam di tanah lereng Gunung Kelud.

Sambangi Ponpes Tebuireng hingga Bertemu Habib Luthfi

Hari berikutnya, Prabowo mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (4/5) untuk bersilaturahmi dan berziarah ke makam Presiden ke-4 RI K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Prabowo mengatakan dirinya memanfaatkan momen Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah untuk melakukan safari silaturahmi, termasuk mengunjungi Pesantren Tebuireng.

“Saya memang sudah sering datang ke sini, (saya) merasa dekat dengan keluarga besar Tebuireng; dan saat libur ini saya keliling silaturahmi Lebaran dengan sahabat-sahabat lama saya. Pembahasannya ringan-ringan saja, melepas rasa kangen ya,” kata Prabowo

Setelah itu, Prabowo menemui Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Luthfi bin Yahya alias Habib Luthfi Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (5/5).

Dalam pertemuan itu, Prabowo sempat membahas mudik. Dia menyebut pemerintah berhasil menanggulangi pandemi Covid-19 sehingga masyarakat bisa kembali mudik.

“Sudah dua tahun rakyat tidak bisa mudik. Ini bukti bahwa jika kita bersatu, maka kita bisa kuat menghadapi tantangan dan ancaman,” kata Prabowo.

Komentar Facebook