HUT Bhayangkara Ke-76, Gamis-Indonesia Apresiasi Beragam Capian Kinerja Polri 

Ketua Umum Gerakan Aktifis Mahasiswa Islam (GAMIS) Indonesia Fahri Salim menilai institusi Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencapai sejumlah kemajuan. Polri disebut berhasil menimbulkan citra yang keras dalam penegakan hukum namun tetap humanis. 

“Institusi kepolisian di bawah Kapolri Pak Listyo mencapai sejumlah kemajuan dan memenuhi apa yang menjadi target kinerja beliau selama ini. Menampilkan keras dalam penegakan hukum, tapi tetap humanis,” ucap Fahri saat dihubungi, Jumat (1/7/2022). 

Polri juga dinilai tetap mengutamakan pendekatan hak asasi manusia (HAM) saat menegakkan hukum. Pendekatan itu, menurut mantan Presiden Mahasiswa Universitas Jayabaya, sesuai dengan prinsip demokrasi Indonesia. 

“Mengutamakan HAM dalam aspek penegakan hukum dan menurut saya sebuah pendekatan yang dirasakan sangat kondusif, kompatibel ke prinsip-prinsip demokrasi negara hukum,” ujar Fahri.

Selain itu, sikap Polri yang tegas namun tegap humanis membuat masyarakat terasa terlindungi. Dia berharap Polri bisa menjadi institusi yang dicintai dan mencintai masyarakat. 

“Tetap semua pihak aman, semua pihak merasa terlindungi. Jadilah anggota Polri yang humanis, tidak menakutkan. Polisi yang tidak hanya dicintai oleh masyarakat tapi mencintai masyrakat,” tuturnya

Fahri juga menyebut konsep Presisi yang selama ini dibawa Polri sudah terlaksana dengan baik. Dia menilai Kapolri sangat jeli untuk menempatkan Polri sesuai dengan porsinya.

“Secara fundamental konsep Presisi sudah sangat baik. Kapolri Jendral Listyo Sigit sangat jeli menempatkan Polri saat ini pada posisi terbaiknya,” terang Fahri. 

Fahri juga mengungkapkan pelayanan Polri kepada masyarakat kian hari semakin baik. Di sisi lain, Kapolri tak lupa menyejahterakan para anggotanya. 

“Layanan kepada masyarakat juga semakin baik. Demikian pula kesejahteraan anggota Polri juga membaik. Reward and punishment berjalan sesuai prosedur,” tutup Fahri

Komentar Facebook